Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pengelola Pasar Sambas Komit Jaga Kebersihan

Rabu, 14 Agustus 2019, Agustus 14, 2019 WIB Last Updated 2020-11-20T22:44:57Z
 Kacab I PD Pasar Syafrijal Lubis  SSos didampingi Kapas Pasar Sambas Aprial Syahputra SH berdialog dengan pedagang dalam kunjungan kerja memantau kebersihan pasar.

GLOBALMEDAN.COM - MEDAN, Pasar Sambas di Kelurahan Masjid Kecamatan Medan Kota boleh dikata merupakan salah satu pasar yang favorit di kalangan masyarakat karena kebersihan dan kenyamanannya. Rahasia kebersihan dan kenyamanan Pasar Sambas diungkapkan Kepala Pasar Sambas, Aprial Syahputra SH, disela menerima kunjungan kerja Kacab I PD Pasar Kota Medan, Syafrizal Lubis SSos, kemarin.

Menurut Aprial, semua itu dilakukan berkat adanya kerjasama antara pengelola dan pedagang dalam mengatasi masalah kebersihan dan ketertiban pasar.

“Kita  berterimakasih kepada pedagang dan pelanggan yang memiliki komitmen tinggi untuk bersama-sama menjaga kebersihan dan kenyamanan Pasar Sambas. Khususnya kepada petugas kebersihan yang tidak kenal lelah dan tidak pernah lengah dalam memungut sampah untuk dikumpulkan ke tempat penampungan sampah sementara seterusnya diangkut ke tempat pembuangan akhir,"katanya.

Komitmen menjaga kebersihan pasar, kata Aprial, sesuai harapan Dirut PD Pasar Rusdi Sinuraya yang menginginkan pasar tradisional harus melepaskan diri dari stigma buruk sebagai tempat belanja yang kumuh. Caranya, dengan menumbuhkan kesadaran para pihak yang berkepentingan terhadap aktivitas pasar tradisional untuk komitmen menjaga kebersihan pasar secara bersama-sama.
"Alhamdulillah, kesadaran menjaga kebersihan bersama terbangun di Pasar Sambas. Hasilnya tidak mengecewakan," terangnya.

Pasar Sambas memiliki potensi 236 stand dan 243 kios, didukung dengan fasilitas kamar mandi, ruang perkantoran dan tempat penampungan sampah serta armada pengangkut sampah dari PD Pasar. Di pasar ini dijual berbagai kebutuhan masyarakat mulai komoditas pangan, rempah-rempah, sandang, sayur, buah hingga kebutuhan ritual ibadah. Masuk dalam kendali pengawasan otoritas Pasar Sambas adalah Pasar Pandu Baru.

"Di Pasar Pandu Baru cuma 95 kios, masuk dalam wilayah pengawasan kita," kata Aprial.

Guna mendukung aktivitas kebersihan, Pasar Sambas menerjunkan enam orang petugas kebersihan yang terus menerus bergerak membersihkan sampah  maupun limbah dagangan, mulai dari koridor hingga halaman pasar. Tidak terkecuali, kamar mandi dan drainase ikut mereka bersihkan.

"Mereka terus bergerak tidak pernah lengah untuk memungut sampah dan mengumpulkannya di box tempat penampung sampah kita," katanya.
 Kacab I PD Pasar Syafrijal Lubis  SSos didampingi Kapas Pasar Sambas Aprial Syahputra SH berdialog dengan pedagang dalam kunjungan kerja memantau kebersihan pasar.
Cici (32) salah seorang padagang makanan mengapresiasi pelayanan kebersihan di Pasar Sambas. Perempuan ramah berwajah manis itu mengaku merasa cocok berniaga di Pasar Sambas karena kenyamanan, kebersihan dan keamanannya.

"Kalau omset pembeli tergantung rezeki, tapi berjualan di Pasar Sambas kami senang karena nyaman dan bersih sehingga pelanggan tidak sungkan untuk datang," katanya.

Kekompakan dan kekeluargaan sesama pedagang dengan pengelola terasa ketika Kepala Cabang I PD Pasar Kota Medan Syahrial Lubis SE dan staf berkeliling pasar memantau kebersihan dan menyapa pedagang. Di kesempatan itu, para pedagang menanyakan dan mengusulkan diadakan kegiatan  Agustusan untuk keluarga besar Pasar Sambas.

"Kita buat acara apa Pak untuk memeriahkan Agustusan di pasar kita," tanya mereka.
 Mendengarkan pertanyaan pedagang Syafrizal didampingi Kapas Pasar Sambas Aprial Syahputra SH hanya senyum-senyum. "Keluarga besar Pasar Sambas sedang ikut lomba kebersihan yang diadakan PD Pasar, semoga dapat dominasi," jawabnya ramah. (nas)
Komentar

Tampilkan

  • Pengelola Pasar Sambas Komit Jaga Kebersihan
  • 0

Terkini