Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Bupati Kunjungi Unit Penyulingan Serai Wangi di Kecamatan Pagindar

Senin, 16 Agustus 2021, Agustus 16, 2021 WIB Last Updated 2021-08-16T03:49:33Z



Pakpak Bharat (Jurnal Post)

Bupati Pakpak Bharat Franc Benhard Tumanggor mengunjungi unit penyulingan serai wangi Desa Lae Mbentar Kecamatan Pagindar, Sabtu (7 Agustus 2021).

Bupati bermaksud melihat  langsung teknik dan cara mengolah serai wangi menjadi minyak serai wangi yang berkhasiat banyak serta memiliki nilai jual tinggi.  Kunjungan ini juga dimaksudkan untuk mensosialisasikan program pemerintah tentang pengembangan serai wangi kepada masyarakat. Bupati kemudian berdialog dengan masyarakat tentang prospek pengembangan serai wangi.

 seorang petani serai wangi mengatakan dalam sehari dia bisa menghasilkan 3-4 kg minyak serai wangi dari unit penyulingan tradisional yang dia punya sendiri.

 Di desa Lae Mbentar ini ada beberapa unit penyulingan yang dimiliki dan dikelola oleh masyarakat setempat, dengan tingginya nilai jual minyak serai wangi di pasaran saat ini sangat menjanjikan bagi kami  masyarakat petani serai wangi.  Yang ditopang dengan tingginya permintaan pasar pada saat ini. tetapi ada beberapa kendala yang kami hadapi pada saat ini, seperti   kapasitas alat penyulingan yang terbatas disamping itu juga kami membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan tanaman serai wangi, ungkapnya menjelaskan. 

Menanggapi hal ini Bupati Pakpak Bharat menjelaskan beberapa hal terkait kendala yang dihadapi masyarakat petani serai wangi pada saat ini. 

 Dalam waktu dekat ini kita  akan menyalurkan alat penyuling yang lebih bagus, modren dan lebih besar kapasitasnya,   terkait masalah kekurangan modal Pemerintah akan memberikan bantuan modal kepada para petani serai wangi, semua ini adalah bentuk upaya kami untuk selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, ujarnya. 

Bupati berharap bahwa serai wangi akan menjadi salah satu komoditi unggulan dikecamatan Pagindar pada masa yang akan datang. 

Kita berharap semoga serai wangi ini bisa mendatangkan kininduma bagi seluruh masyarakat pagindar, ucap Bupati menyampaikan harapannya. (Dionisius)
Komentar

Tampilkan

  • Bupati Kunjungi Unit Penyulingan Serai Wangi di Kecamatan Pagindar
  • 0

Terkini